Cara merawat sepatu

9 bulan yang lalu      Perawatan Sepatu

PERAWATAN SEPATU YANG BENAR

1. Kulit Faux

Sepatu yang terbuat dari bahan kulit asli merupakan sepatu yang memiliki kualitas tertinggi atau kualitas yang paling bagus. Tak mengherankan jika harga dari sepatu berbahan kulit asli menjadi sepatu yang paling mahal dibandingkan dengan sepatu dari jenis bahan yang lain. Walapupun harganya mahal, sepatu yang terbuat dari kulit asli sangat digemari oleh banyak orang karena sepatu ini dapat digunakan dalam waktu yang lama (tahan lama) dan kuat.

Perawatan

a. Bersihkanlah dengan segera sepatu yang terkena debu, karena apabila sepatu berbahan kulit terkena debu dalam waktu yang cukup lama, debu tersebut akan susah untuk dihilangkan.

b. Semirlah sepatu menggunakan warna semir yang sesuai agar sepatu terlihat tidak kusam.

c. Sikatlah sepatu menggunakan sikat yang memiliki bulu yang halus dan lembut.

d. Gunakanlah sponge atau sikat yang halus saat mencuci sepatu serta gunakanlah hair dryer untuk mengeringkan sepatu. Lapisi sepatu degan Koran bekas sebelum Anda keringkan meggunakan hair dryer agar panas yang didapat tidak merusak sepatu Anda.

2. Kulit Suede

Kulit suede atau lebih sering disebut bludru merupakan bahan pembuat sepatu yang sebenarnya juga merupakan kulit. Namun proses kulit suede, bagian yang difinishing adalah bagian belakang dari kulit bukan bagian permukaan kulit tersebut. Bagian belakang kulit yang difinishing memberikan efek seperti bulu lembut yang menarik. Sepatu yang dibuat dari bahan kulit suede mempunyai berbagai varian warna. Sepatu model casual, sepatu boot, dan sepatu wanita adalah model-model sepatu yang sangat cocok digunakan dengan bahan kulit suede.

Perawatan

a. Sikatlah sepatu berbahan suede yang terkena noda menggunakan sikat khusus untuk sepatu berbahan suede.

b. Sikat sepatu yang terkena noda searah. hal ini bertujuan agar noda yang tertempel pada sepatu tidak menyebar.

c. olesi atau gunakanlah krim khusus pada sepatu agar tidak udah terkena kotoran.

d. Hindari penggunaan hair dryer untuk mengeringkan sepatu yang basah karena hawa panas hair dryer dapar merusak permukaan sepatu.

e. bersihkanlah sepatu sesering mungkin karena sepatu ini mudah mengeras yang menyebabkan noda akan semakin sulit untuk dibersihkan.

1. Kulit Sintesis

Kulit sintesis adalah jenis bahan pembuat sepatu yang berasal dari campuran bahan-bahan kimia yang diolah di pabrik. Kulit sintesis sediri mempunyai tekstur yang mengkilat. Kulit sintesis merupakan jenis bahan pembuat sepatu yang paling sering digunakan oleh para produsen. Hal ini disebabkan oleh murahnya harga kulit sintesis disbanding dengan harga dari kulit asli. Model sepatu seperti model sepatu-sepatu formal, model sepatu kasual, model sepatu boot, serta sepatu olahraga sering kali menggunakan kulit sintesis dalam pembuatannya.

Perawatan

a. Sepatu berbahan kulit sintesis dan merupakan jenis sepatu yang paling mudah untuk dirawat. sepatu ini cukup dibersihkan dengan cara di lap karena tekstur sepatu yang mengkilap mudah untuk dibersihkan dari noda.

1. Canvas

Canvas merupakan jenis bahan sepatu yang umum dalam pembuatan sepatu sekolah. Selain digunakan dalam pemuata sepatu sekolah, jenis bahan ini juga biasa ditemukan dalam pembuatan sepatu lukis karena jenis bahan ini mudah digunakan untuk menggambar suatu objek.

Perawatan

a. diamkanlah sepatu yang terkena kotoran (lumpur) hingga kotoran tersebut mongering.

b. pukul sol sepatu yang satu dengan yang lain. ini bertujuan agar kotoran lepas dari permukaan sepatu.

c. gunakanlah sikat khusus atau sikat gigi yang sudah dicelupkan kedalam air sabun untuk menyikat bagian dalam dan bagian luar dari sepatu.

d. bilas sepatu yang sudah disikat dengan air dingin.

e. campurkan baking soda dan air lalu gunakan campuran tersebut pada bagian dalam sepatu agar bau tak sedap dari sepatu hilang.

f. jemur sepatu untuk dikeringkan. hindari penjemuran sepatu dibawah sinar matahari secara langsung

 

 

Sumber



Artikel Terkait


Artikel terkait tidak ditemukan

Komentar Artikel "Cara merawat sepatu"